Tips SEO Yang Aman Untuk Jangka Panjang | Blog Bilcyber.com

Tips SEO Yang Aman Untuk Jangka Panjang

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karen anda telah mengunjungi blog saya, pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara memulai proses seo dari awal pembuatan website secara aman. Aman yang di maksud agar website yang dioptimasi terbebas dari ancaman balck list dan memiliki fondasi yang kuat untuk dikembangkan lebih lanjut. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk diterapkan pada website yang sudah online sejak lama, meskipun tidak 100% bisa diaplikasikan.

  • Keyword recearch

Pada langkah pertama anda diharapkan bisa memilih keyword yang tepat sesuai dengan content atau isi web yang anda buat. Keyword yang tepat adalah keyword yang tingkat persaingannya paling sedikit, namun memiliki audience yang paling banyak. Untuk memilih keyword-keyword ini tidak disarankan dengan sistem tebak menebak. Gunakan alat bantu atau tools khusus untuk recearch keyword, seperti Word Tracker (www.wordtracker.com). Tools ini akan bisa memberikan informasi yang akurat mengenai keyword-keyword yang relevan dengan content yang anda cari, lengkap dengan tingkat persaingan dan jumlah orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut. Kesalahan memilih keyword merupakan kesalahan fatal dalam seo, jadi anda harus cermat dalam hal ini.

  • Memilih Domain

Domain adalah investasi yang sangat berharga. Jika anda berhasil membangun sebuah website yang berkualitas, harga domain anda secara otomatis akan melambung. Untuk keperluan seo, usahakan memilih domain dengan melibatkan keyword yang sudah anda tentukan sebelumnya. misalnya jika website anda menawarkan jasa sertifikasi, usahakan menggunakan kata sertifikasi pada domain anda. Meskipun faktor ini bukan merupakan keharusan, namun saya melihat perannya dalam menentukan rangkink di search engine masih sangat besar. Saya tidak mengatakan anda harus memakai semua keyword pada domain yang akan membuatnya terlalu panjang. Tapi usahakan memakai salah satu kata kunci utama.

  • Menyiapkan Content

SEO adalah proses bertahap, dan setiap tahap harus anda lakukan secara benar. Sebab untuk mendapatkan rangkink yang baik bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan lebih dari setahun, tergantung dari tingkat persaingan keyword anda. Untuk tahap awal, siapkan minimal 3 halaman yang memiliki content unik, bukan jiplakan. Anda harus membuat content ini sendiri sesuai dengan informasi yang anda tawarkan di web. Saat ini terdapat banyak artikel gratisan di internet yang bisa anda gunakan sebagai content. Namun artikel semacam ini tidak saya sarankan. Google dan search engine lainnya bisa menditeksi mana content yang asli. Dan mereka hanya memberikan rating yang baik untuk content yang unik dan tidak terdapat di website lain. Jadi untuk tahap awal, anda harus menyipkan setidaknya 3 halaman unik yang saling berhubungan atau di-link satu sama lain.

Pada saat anda menulis content, jangan lupa untuk menggunakan keyword-keyword yang sudah anda pilih sebelumnya. Gunakan keyword ini secara wajar hingga content tetap enak untuk dibaca. Jangan terlalu memaksa penggunakan keyword secara berlebihan.

Selanjutnya dari halaman index atau homepage, pasang satu link yang mengarah ke wikipedia (www.wikipedia.org), sesuai dengan topik utama website anda. Contoh, jika website anda membahas tentang komputer, buatlah link ke halaman ini dari homepage anda : http:// en.wikipedia.org/wiki/komputer. Link ini berguna untuk memberikan ide pada search engine mengenai topik apa yang anda sediakan di web. Wikipedia.org adalah resource penting yang sangat dipercaya oleh search engine, jadi pemasangan link kesitus ini akan sangat membantu website anda. Untuk tahap awal, jangan sekali-kali memasang link ke website yang tidak ada hubungannya dengan konten website anda.

  • Submission tahap pertama

OK, sekarang saya anggap anda sudah memiliki sebuah website dengan 3 halaman yang saling berhubungan, satu link dari halaman depan ke wikipedia dan tentu saja tanpa broken link. anda juga harus menggunakan HTML standar dengan design web yang tidak terlalu berat. HTML standar yang saya maksud adalah HTML yang bisa di baca search engine, bukan berarti anda tidak boleh memakai script PHP atau sejenisnya. Script server side seperti PHP atau ASP juga menghasilkan HTML sebagai output. Hindari pemakaian teknologi AJAX untuk tahap-tahap awal.

Selanjutnya adalah mendapatkan sebuah inboundlink, yaitu link dari website lain yang memiliki topik sejenis dengan website anda. Saat ini anda hanya memerlukan satu link, tapi usahakan link tersebut dari website yang memiliki pagerank (en.wikipedia.org/wiki/pagerank) tinggi. Contohnya adalah link dari DMOZ (www.dmoz.org), Yahoo Directory (dir.yahoo.com), dan lain-lain. DMOZ mungkin tidak dapat anda harapkan untuk bisa memberikan link dengan cepat. Mereka menggunakan editor volunteer yang bekerja sesuai dengan waktu senggangnya. Anda bisa melakukan submite ke directory lain yang sudah cukup terkenal.

  • Menunggu sambil menyiapkan content

Setelah website anda online dan mendapatkan satu inbound link yang berkualitas, tunggu dua minggu sambil menyiapkan konten tambahan. Mengapa menunggu 2 minggu? Langkah ini untuk memberikan kesempatan kepada search engine agar mengenali domain anda dari link referer atau inbound link yang sudah anda dapatkan sebelunnya. Dengan cara ini website anda akan masuk ke listing search engine tanpa harus melakukan submission langsung ke search enggine yang bersangkutan. Keuntungannya adalah search engine akan dengan mudah mengetahui dari topik dari website anda, sebab linknya ditelusuri dari website berkualitas dengan topik yang relevan.

Namun apabila dalam jangka waktu 2 minggu website anda belum terlisting di search engine, lakukan submission langsung melalui form submit di search engine tersebut. Tambahkan setidaknya 2 halaman baru berupa artikel atau halaman pendukung dari countent utama anda. Selanjutnya tunggu 2 minggu lagi sampai website anda terlisting.

Perlu saya ingatkan disini, bahwa langkah-langkah ini sengaja saya susun secara bertahap agar perkembangan website anda di search engine terlihat wajar. Anda bisa saja mendapatkan ribuan link dalam waktu sehari dengan membelinya di internet. Tapi itu hanya akan menjadi bumerang untuk website anda, sebab search engine beranggapan tidak mungkin sebuah website yang baru online bisa memiliki ribuan inboud link dalam waktu sehari. Jadi kita harus membuat agar perkembangannya terlihat wajar. Ingat bahwa langkah-langkah ini dilakukan untuk membangun pondasi SEO yang kuat untuk jangka panjang.

  • Penambahan countent secara bertahap

Sebulan sudah berjalan dengan kondisi saat ini lima halaman website anda sudah terlisting di search engine. Sekarang saatnya menambahkan countent yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Pertanyaannya, jenis konten seperti apa yang harus anda tambahkan. Countent yang baik adalah cauntent yang bisa mendukung keyword utama yang merupakan fokus dari website anda. Sebagai contoh jika website anda menjual produk-produk alat atau perangkat telekomunikasi, selain memuat informasi produk seperti Sierra Wireless Compass 885, DWL-2100AP, Nokia Classic, sebaiknya ditambahkan artikel yang bermanfaat seperti Dasar CDMA 2000 1x EV-DO REV A, Jaringan Wimax, MSS ( Mobile Satelite System), Public Switched Telephone Network (PSTN) dan lain-lain. Dengan menambahkan konten semacam ini, anda bisa bermain lebih banyak menggunakan keyword-keyword yang sudah di pilih sebelumnya.

Penambahan halaman sebaiknya di ataur secara berkala. Anggap saja saat ini anda memiliki 10 artikel baru. Penambahan 2 artikel perminggu sebagai halaman baru akan lebih baik dari pada memasang 10 artikel tersebut sekaligus, dan setelah itu tidak pernah ada tambakan lagi.

  • Penambahan inbound link secara bertahap

Seiring dengan penambahan content, pada bulan kedua ini anda bisa mulai mencari tambahan inboud link. Untuk bulan kedua anda bisa mencari sekitar 10 sampai 15 link. Bulan ketiga sampai keenam tambahkan masing-masing 20 link perbulan. Setelah refresh index di bulan keenam biasanya website anda akan mulai tampak di search engine dengan prase 3 kata. Prase adalah kombinasi keyword anda. Meskipun belum dihalaman pertama, tapi dengan langkah-langkah yang konsisten, posisinya akan semakin baik.

Memasuki bulan ketujuh, anda bisa mencari kurang lebih 25-30 link perbulan. Jangan melebihi jumlah ini hingga website anda berumur 1 tahun. Angka-angka ini bukanlah konstanta yang harus anda ikuti 100%. Saya mendapatkan angka ini dari percobaan-percobaan yang sudah saya lakukan sebelumnya. Intinya penambahan link secara bertahap dan tidak berlebihan.

Bagaimana anda cara anda mendapatkan link-link ini? Inbound link yang baik adalah link dari website yang memiliki countent yang berhubungan dengan countent anda. Web directory adalah tempat yang paling mudah untuk mendapatkan link semacam ini. Web directory biasanya menyediakan kategori-kategori yang beragam, dan salah satunya mungkin relevan dengan website anda. Ada ribuan directory mulai dari yang besar hingga yang baru muncul. Directory critic (www.directorycritic.com) menyediakan ribuan link directory lengkap dengan review dan pageranknya. Anda bisa menemukan ribuan tempat submit disini, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Cara lain mendapatkan link adalah dengan publikasi artikel, link exchange hanya dengan situs yang relevan, memberikan produk atau service gratis kepada publik, dan metode-metode lain yang tidak bisa saya jelaskan satu-persatu disini.

  • Lakukan secara konsisten

Dengan langkah-langkah diatas saya tidak bisa menjamin berapa lama website anda bisa masuk 10 besar di search engine. Namun dari website yang saya optimasi dengan langkah-langkah tersebut, hasilnya selalu membaik jika dilakukan secara konsisten. Maintenance terhadap countent harus anda lakukan secara berkala. Misalnya dengan penambahkan halaman yang semakin banyak, secara tidak sengaja mungkin saja terdapat broken link yang sulit anda deteksi. Satu broken link saja sudah bisa menurunkan rating website anda di search engine. Jadi gunakan tools broken link checker (www.dead-links.com) yang bisa memudahkan pekerjaan anda.

Untuk website dengan jumlah halaman yang banyak, penggunaan sitemap juga akan mempermudah search engine membaca keseluruhan dari countent website anda. Sitemap ini juga bisa dibuat dengan bantuan tools khusus (www.google.com/webmasters/tools/docs/en/sitemap-generator.html), sehingga anda tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual.

Source : standardisasi.wordpress.com

Demikian informasi dari saya tentang tips seo yang aman untuk jangka panjang yang dapat saya sampaikan, semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

2 Responses to “Tips SEO Yang Aman Untuk Jangka Panjang”

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2011 Blog Bilcyber.com. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.