Panduan Lengkap Cara Pindah Hosting | Blog Bilcyber.com

Panduan Lengkap Cara Pindah Hosting

Sejak bulan lalu saya disibukan dengan urusan pindah hosting, dan karena blog yang harus dipindahkan lebih dari 3 buah maka saya melakukannya satu persatu.  Selain memindahkan ke hosting dari hostgator ke hostgator juga (berbeda akun) saya juga harus memindahkan wordpress ke hosting lain yang saya gunakan sejak 3 bulan lalu yaitu Arvixe.

Proses pindah hosting sebetulnya tidak sulit hanya membutuhkan ketelitian dan kesabaran, karena jika blog wordpress anda sudah memiliki banyak artikel dan komentar maka akan semakin besar data yang harus dipindahkan dari hosting lama ke hosting baru.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk memindahkan server web hosting :

Agar blog anda dapat dipindah dari satu hosting ke hosting lain maka ada beberapa proses yang harus and lakukan yaitu :

  1. Membackup database wordpress.
  2. Membackup konten wordpress yang ada di cpanel ( yang paling penting adalah folder wp-content).
  3. Merestore database wordpress dan konten wordpress (file pendukung).
  4. Merubah Name Server Domain.

Sesuai judulnya Panduan Lengkap Cara Pindah Hosting, maka saya akan coba jelaskan langkah-langkah memindahkan web hosting satu per satu secara lengkap.

Seperti yang saya sebutkan diatas, untuk melakukan pindah hosting ada 4 langkah yang harus anda lakukan dan berikut ini detail dari langkah-langkah tersebut.

1. Membackup Database WordPress

Ada beberapa cara untuk membackup database worpdress baik melalui cpanel -> phpMyadmin maupun langsung dari dashboard wordpress dengan bantuan plugin dan plugin backup database yang saya gunakan adalah GD Press Tools.

Jika anda belum menggunakan plugin ini maka anda bisa install terlebih dahulu melalui dashboard wordpress (plugins -> Add New, kemudian search GD Press Tools ) atau anda bisa donwload terlebih dahulu di http://wordpress.org/extend/plugins/gd-press-tools

Untuk membackup database mysql wordpress dengan GD Press Tools caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih GD Press Tools dari dashboard wordpress anda, kemudian klik database.
  • Pilih tab Tools – Optimize Database klik “Clean”, tujuannya untuk mengoptimalkan database yang akan anda backup sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

    Optimize Database

  • Kemudian pili tab Backup. (Biarkan Save database backup as GZIP archive & Add DROP IF EXISTS query for each table tetap terpilih), kemudian klik “backup”
  • Setelah itu anda akan melihat nama file hasil backup dan untuk mendownload file tersebut anda cukup klik pada nama file kemudian simpan ke komputer anda.

    Backup Database WordPress

Simpan file hasil backup tersebut dan nantinya akan anda gunakan untuk merestore di hosting baru.

2. Membackup Konten WordPress Yang Ada Di cPanel

Jika anda sudah membaca tulisan saya tentang Cara Membackup dan Restore File WordPress di Hosting (Melalui cPanel) kali ini saya akan membackup konten wordpress menggunakan bantuan plugin. Dan plugin yang saya gunakan adalah wp Time Machine (for Backups).

Bagi anda yang belum mengisntall wp Time Machine anda bisa instal terlebih dahulu baik melalui dashboard wordpress maupun mendownload langsung di http://wordpress.org/extend/plugins/wp-time-machine/

Plugin wp Time Machine, adalah salah satu plugin terbaik yang pernah saya gunakan untuk membackup konten wordpress secara lengkap baik folder yang ada di Cpanel maupun database mysql. Membackup wordpress dengan wp Time Machine dapat dilakukan dengan 3 pilihan tempat untuk menyimpan hasil backup tersebut, yaitu :

  1. Membackup ke Dropbox (anda harus punya akun dulu disana).
  2. Amazon S3.
  3. FTP.

Awalnya saya menggunakan Dropbox, tapi setelah mencoba menggunakan FTP saya lebih memilih FTP karena dengan menggunakan FTP anda bisa menyimpan hasil backup langsung ke hosting baru, dengan begini anda tidak perlu lagi repot mengupload hasil backupan tadi.

Berikut adalah cara membackup wordpress dengan wp Time Machine:

  • Setelah anda install wp Time Machine, buka dashboard wordpress kemudian lihat menu “Settings – wp Time Machine”.
  • Untuk merubah lokasi backup ke FTP klik Change your offsite service yang ada dari  Current offsite service.

    wp Time Machine

  • Kemudian isikan dengan user id, password, Remote Host (IP FTP hosting anda), Directory.

    Membackup Konten WordPress

  • Untuk melakukan backup anda tinggal klik “Generate wp Time Machine archive”
  • Periksa hasil backup sesuai lokasi yang sudah anda tentukan, jika anda menggunakan FTP ke server baru maka anda tidak perlu mengupload lagi, tapi kali ini saya membackup ke hosting lama dan untuk mendowloadnya saya menggunakan software Core FTP.

3. Merestore Database WordPress Dan Konten WordPress

Untuk merestore database mysql wordpress caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke cPanel, kemudian klik phpMyadmin.
  2. Pilih database yang akan direplace, kemudian klik Import lalu klik “Browse” untuk mencari lokasi file hasil backupan database tadi, setelah itu klik “Go”

    restore mysql

Untuk merestore konten wordpress anda bisa lakukan dengan berbagai cara baik langsung mengupload dari cPanel maupun menggunakan software FTP (lebih simpel). Software yang saya gunakan adalah Core FTP.

Yang paling penting adalah folder wp-content karena disitu terdapat folder theme, plugin dan upload. Untuk detailnya anda bisa baca di Cara Membackup dan Restore File WordPress di Hosting.

4. Merubah Name Server Domain

Langkah terakhir untuk pindah web hosting adalah merubah DNS domain anda, detailnya tentu agak sedikit berbeda tergantung dari dimana anda membeli domain tersebut, jadi untuk melakukan ini anda cukup masuk ke dashboard domain anda kemudian cari menu untuk merubah DNS dan arahkan ke DNS hosting baru anda.

Sebelumnya saya pernah menuliskan beberapa atikel seputar masalah pindah hosting, dan mungkin bisa membantu anda jika anda mengalami kegagalan dalam proses pindah hosting:

  1. Cara Pindah Server Web Hosting
  2. Beberapa Hal Yang Menyebabkan Proses Pindah Hosting Gagal (Tidak Berjalan Dengan Sempurna)
  3. Cara Membackup dan Restore File WordPress di Hosting.

Cara pindah web hosting yang saya tulis ini hanya bisa dilakukan bagi anda yang ingin memindahkan blog ke hosting lain dan blog tersebut masih online, dan yang paling penting anda harus menginstall wordpress terlebih dahulu di hosting baru kemudian anda lakukan proses backup dan restore. Sebetulnya anda bisa langsung ke langkah no.2 karena wp Time Machine akan membackup konten + database

sumber : ogameslucky.com

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2010 Blog Bilcyber.com. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.