Tutorial SEO dan Adsense Dasar….Memilih Jenis Blog CMS Yang Tepat | Blog Bilcyber.com

Tutorial SEO dan Adsense Dasar….Memilih Jenis Blog CMS Yang Tepat

Tutorial dan panduan seo dasar untuk pemula kali ini masih berkaitan dengan adsense. Hanya saja kali ini saya akan membahas sedikit tentang masalah blog yang akan digunakan untuk memasang adsense.Karena memilih blog yang tepat,baik untuk SEO maupun adsense merupakan salah satu komponen yang penting.

Pada tutorial kemarin,saya sudah membahas satu persatu mengenai SEO dasar…baik secara onpage maupun off page,begitu juga hal-hal yang berkaitan dengan adsense dasar.Kali ini saya akan mengajak anda untuk memilik platform blog yang cocok untuk anda dan dapat dipilih sendiri sesuai dengan minat anda :) Berbagai tipe dan jenis blog yang dapat anda pergunakan untuk keperluan SEO dan adsense yaitu blog yang memiliki basis CMS ( Content Managment System).Salah satu keunggulan dari blog bertipe ini yaitu sifatnya yang dinamis dan bisa kita rubah dengan cepat tanpa meninggalkan efek dari SEO yang telah kita bangun sebelumnya.

Selain itu…blog berplatform CMS sangat disukai oleh search engine seperti Google,Yahoo!,Ask,Altavista dan lainnya karena konten yang biasanya selalu terupdate.

Lain halnya jika anda memakai situs yang bersifat statis,seperti halnya situs-situs milik perusahaan atau semacam itu yang isinya hanya itu-itu aja,jarang sekali diupdate ataupun dirubah isinya kecuali jika ada promo,hehehehe….:)

Salah satu platform atau jenis blog berbasis CMS yang saya rekomendasikan adalah wordpress,baik yang gratis maupun wordpress self hosting.Salah satu keunggulan wordpress yaitu :

  • Mudah digunakan,baik untuk pemula maupun tingkat mahir
  • Themes yang banyak dengan berbagai pilihan,mulai dari yang gratis sampai berbayar juga ada.
  • Tersedia berbagai macam plugin dengan pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan blognya.
  • Struktur wordpress sebagai blog cms yang SEO friendly sangat disukai oleh search engine.
  • Paling banyak digunakan blogger diseluruh dunia.
  • Open source alias bebas dipakai secara gratis:)

Walaupun banyak keunggulan yang dipunyai wordpress,tetapi tetap aja masih terdapat kekurangan….salah satunya yaitu adanya bug dalam setiap versi wordpress.Oleh karena itu…dari waktu ke waktu selalu muncul versi yang berbeda.Contohnya…blog ini masih memakai wordpress versi 2.7,sedangkan saat ini wordpress yang paling baru tersedia versi 2.8.

Salah satu kekurangan wordpress yaitu pada versi gratis,kita tidak bisa menggunakan blog itu untuk kepentingan komersial.Jika kita ingin menggunakan fasilitas yang lebih,maka kita dapat memilih untuk melakukan upgrade langsung ataupun memilih wordpress self hosting yaitu dengan membeli domain dan memiliki hosting sendiri.

Salah satu jenis Blog CMS yang lain mungkin anda juga memakainya,seperti yang saya sebut dibawah ini :

  • Blogger/Blogspot : Blog yang dimiliki oleh google ini dapat dimiliki oleh siapa saja dan gratis.Salah satu kelebihan dari blogger yaitu pemilik blog bebas menggunakan dan mengkostumisasi blog sesuai dengan selera dan keinginan pemiliknya,termasuk digunakan untuk keperluan komersiil.
  • Joomla : Blog ini sama halnya seperti wordpress,salah satu jenis  blog dengan CMS terbaik.Hanya saja…bagi yang ingin memilih blog ini sebagai platformnya,harus mempunyai hosting dan domain sendiri.
  • Drupal : Tidak banyak yang memakai blog jenis ini di Indonesia,sehingga saya pun hanya mengenal sebatas nama saja karena tidak pernah memakainya,hehehe.

Nah…mungkin anda bisa menambahkan sendiri jenis blog CMS yang belum saya sebutkan diatas:),yang jelas…memilih blog yang tepat baik untuk kepentingan SEO,adsense maupun komersil akan berpengaruh terhadap hasil yang akan diperoleh nantinya.

Tags: , ,

3 Responses to “Tutorial SEO dan Adsense Dasar….Memilih Jenis Blog CMS Yang Tepat”

  1. leoarjuna says:

    Untuk jomla cms yang terbaik,tapi sayang..plugin nya tidak sehebat wordpress, hehehe.. hidup wordpress [padahal saya gak pakai wordpress loh]

  2. admin says:

    @leoarjuna:Iya WP tetep yang terbaik dan cms favorite gw. hehehe..

  3. mas, boleh g minta panduan cara menggunakan wordpress? tq before

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2010 Blog Bilcyber.com. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.