Blog Bilcyber.com » software https://bilcyber.com/blog SEO, Adsense, Blog, Wordpress, Money, Dollars Sun, 02 Nov 2014 08:24:14 +0000 en hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.0.4 Menjalankan Aplikasi Dos dengan DOSBox https://bilcyber.com/blog/?p=45 https://bilcyber.com/blog/?p=45#comments Sun, 11 May 2008 12:44:37 +0000 admin http://bilcyber.com/blog/?p=45 Selama ini untuk menjalankan aplikasi dos di Windows XP dan Vista saya menggunakan Virtual Machine VMWare versi 5.50 (windowswXP) dan VMware Versi 6.0 (Windows Vista). Terutama untuk support mencetak ke printer dot matrix virtual machine sangat membantu sekali. Meskipun komputer tidak tersedia port parallel, dengan menggunakan hardware USB to Parallel masalah pencetakan ke printer dot matrix bisa teratasi dengan melakukan sedikit setting pada virtual bios.

Terpikir oleh saya untuk menjalankan aplikasi dos di windows XP dan vista layaknya seperti CMD atau command promt. DOSBox memberikan solusi untuk itu meskipun DOSbox ini lebih ditujukan untuk Game Simulator DOS. Ternyata dari hasil tes DOSBox bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi dos selain game.

dosbox.jpg

Untuk bisa mengakses fisik local disk dan removable disk, cukup dengan mendefenisikan drive dengan drive yang tersedia dengan perintah:

mount [drive] [drive/path folder]

misal anda ingin mengakse removable drive F: perintahnya

mount F F:\ [enter]

bisa juga dengan memberikan nama drive yang berbeda dengan drive asal:

mount X F:\ [enter]

menjadikan folder sebagai drive misal ingin menjadi folder D:\Data\2007\12 menjadi drive X:

mount X D:\data\2007\12\

Setiap anda berpindah ke drive pada console DOSBox secara otomatis akan berada langsung pada folder D:\data\2007\12

]]>
https://bilcyber.com/blog/?feed=rss2&p=45 4