Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Elearning, Handphone / Gadget, News, Uncategorized » Info Fitur-Fitur Rahasia WhatsApp Yang Harus Kamu Ketahui

Whatsapp

Whatsapp

WhatsApp adalah aplikasi yang sangat familiar ditelinga kita, saat ini aplikasi pesan singkat ini sudah mencapai lebih 900 juta pengguna. Kian hari popularitasnya kian meningkat, karena aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mudah digunakan untuk menjalin komunikasi secara personal maupun group. Aplikasi perpesanan ini juga kerap kali digunakan sebagai akun bisnis.

Walau mirip seperti layanan pesan singkat atau SMS, tetapi aplikasi ini tetap menggunakan koneksi data (internet) sehingga para penggunanya bisa mengirim pesan gratis kepada siapa saja di dalam kontaknya tanpa dikenai biaya pulsa tambahan.
Aplikasi WhatsApp sangatlah sederhana dan mudah digunakan, serta dilengkapi berbagai fitur yang sejatinya banyak belum diketahui para penggunanya. Nah, berikut 8 fitur penting yang bisa menjadikan pengalaman menggunakan WhatsApp menjadi lebih asyik dan menyenangkan bagi anda pengguna perangkat iOS dan juga Android.
1. Mengetahui Jumlah Pesan
Fitur ini bisa anda gunakan untuk mengetahui dengan siapa anda berkomunikasi di aplikasi ini. Bagi anda pengguna iOS anda bisa mengakses menu Setting – Account – Storage Usage. Nanti akan muncul daftar kontak yang pernah saling berkirim pesan dengan anda dan disertai dengan banyak jumlah pesan. Hanya saja fitur ini belum dapat dinikmati oleh pengguna Android.
2. Mematikan Pemberitahuan Group
Sama halnya dengan BBM, fitur mute group juga dapat dinikmati didalam aplikasi WA ini. Cara mematikan pemberitahuan Group WA anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam Group yang ingin amatikan pemberitahuannya, kemudian klik nama group tersebut. Setelah itu akan muncul beberapa opsi dan salah satunya adalah “Mute”. Nanti akan muncul pengaturan seberapa lama yang diinginkan untuk membuat group “diam” diantaranya 8 jam, 1 pekan atau selama 1 tahun.
3. Last Seen
Last Seen adalah fitur untuk menyembunyikan kapan terakhir kali anda menggunakan WA. Untuk mengakses fitur ini silahkan pilih Setting – Account – Privacy kemudian Last Seen. Didalam menu ini anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat waktu “Last Seen” apakah semua orang, daftar kontak saja atau tidak seorang pun.
Caratan : Jika anda menonaktifkan fitur Last Seen (tidak seorangpun dapat melihat) maka anda juga tidak akan dapat melihat “Last Seen” orang lain.
4. Cara Merubah Nomor Telepon WhatsApp
Mungkin anda pernah mengalami, ketika anda mengganti kartu baru namun yang muncul tetap nomor yang lama didalam akun WA anda. Cara merubah nomor baru di WhatsApp sangatlah mudah, anda cukup mengakses menu Setting – Account – lalu pilih Change Number. Setelah itu, ikuti saja perintah yang diberikan oleh pihak WhatsApp. Dengan merubah nomor yang baru, maka semua info akun, group dan pengaturan akan ikut berpindah juga kedalam akun nomor yang baru.
5. Custom Notifikasi
Fitur ini berfungsi untuk membedakan nada notifikasi (pemberitahuan) dari setiap group yang ada didalam daftar kontak WA anda. Fitur ini hanya tersedia didalam group saja. Anda bisa mengatur beberapa hal seperti nada dan juga popup notifikasi.
6. Menyimpan Foto
Untuk menghemat ruang memori ponsel, anda tidak perlu menyimpan semua file termasuk foto yang di share di WA. Untuk para pengguna iOS anda bisa mengakses menu Setting – Privacy kemudian pilih Photos tapi jangan centang kolom WhatsApp. Dengan demikian, foto yang ada di WA yang sudah di unduh tidak akan di simpan didalam galeri ponsel anda.
Catatan : Fitur ini tidak tersedia bagi para pengguna WA berbasis Android.
7. Cara Mengetahui Siapa Yang Membaca Pesan Anda di Dalam Group
Mengetahui ketika seseorang membaca pesan anda merupakan hal yang penting, khususnya didalam group. Nah, untuk mengetahuinya caranya sangatlah mudah. Bagi anda pengguna iOS pilih atau tekan sedikit lama pesan anda yang ada didalam group, setelah itu geser ke kiri, nah setelah itu akan muncul nama-nama orang yang telah membaca pesan anda.
Bagi anda para pengguna Android, cara juga hampir sama. Pilih dan tekan sedikit lama pesan anda didalam group, kemudian akan muncul logo “i” didalam kurung seperti (i) ini adalah Message info yang bersikan nama-nama yang telah membaca pesan anda didalam group.
8. Read Receipts
Fitur Read Receipts juga dapat berlaku untuk chat pesonal anda di WA. Apabila fitur ini tidak diaktifkan, maka teman anda tidak akan tahu apakah pesan mereka telah dibaca atau belum dan begitu pula sebaliknya.
Untuk mengakses fitur ini, silahkan masuk kedalam menu Setting – Account – Privacy yang didalamnya terdapat opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Read Receipts.
© 2016 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·