Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Hardware/Gadget Review, Uncategorized » Tips Cara Membangun Wireless Router Dengan Print Server

wireless printer

wireless printer

Salah satu keuntungan dari jaringan komputer adalah agar kita bisa berbagi printer dengan user lainnya dalam jaringan. Anda tidak perlu lagi menunggu untuk ngantri agar bisa ngeprint, cukup kirim job printing anda melalui komputer anda dan biarkan selebihnya system yang mengatur antrian job printing secara automatis. Bahkan anda juga bisa memberikan prioritas antrian melalui system jaringan anda. Lihat juga printer jaringan.

Jaringan tradisional printer

Secara tradisional, anda bisa berbagi akses printer dengan jalan menghubungkan nya ke komputer (baik melalui USB port atau parallel) dan mengkonfigurasinya agar bisa diakses oleh user lain dalam jaringan baik secara peer-to-peer ataupun dengan jaringan Windows server AD. Dengan metoda ini, komputer tersebut harus hidup dan menggunakan sedikit sumberdaya komputer tersebut untuk sharing komputer. Jika komputernya off, maka printer tidak bisa diakses. Akan tetapi dengan print server, anda tidak perlu sharing printer melalui komputer. cukup koneksikan printer ke print server dan anda pun bisa akses printer tersebut kapan saja melalui jaringan.

Di rumah, printer adalah alat cetak dokumen yang sangat penting. Dan dalamjaringan wireless komputer dirumah, wireless router adalah komponen utama anda dalam membangun jaringan agar bisa berbagi sambungan internet dan juga printer. Anda bisa share printer melalui komputer secara tradisional, atau melalui print-server terpisah, atau juga lewat wireless router anda yang dilengkapi dengan USB port. Akan tetapi tidak semua wireless router yang dilengkapi dengan USB port bisa digunakan untuk sharing printer.

Beberapa router dengan print server

Beberapa wireless router yang dilengkapi dengan USB port hanya bisa dipakai untuk akses sharing storage external saja, atau bisa baik untuk printer atau storage secara bergantian. Kalau anda tidak memerlukan wireless print server(dimana anda bisa meletakkan printer ditempat sesuai kehendak anda tanpa melalui kabel jaringan) dalam jaringan wireless anda dirumah atau di kantor kecil anda, maka pilihlah wireless router dengan print server.

Berikut adalah beberapa wireless router yang dilengkapi dengan port USB untuk sharing printer atau storage external.

Trendnet TEW-634GRU Wireless -N Gigabit Router

Trendnet TEW-634GRU diusung dengan technology wireless 802.11n yang juga dilengkapi dengan 4x Gigabit LAN autosensing port dan satu port WAN 100Mbps. Router ini dilengkapi dengan sebuah port USB untuk sharing printer atau external storage. Dilengkapi juga dengan software USB Control center untuk utility storage dan printer, akan tetapi hanya bisa jalan pada Windows 2000/XP/Vista.

TEW-693GRU

Dengan hanya tersedia satu port USB, anda hanya bisa sharing printer atau storage secara bergantian – tidak bisa secara bersamaan. Jika anda memerlukan untuk bisa sharing printer dan storage secara bersamaan, maka anda bisa memilih seri TEW-637GRU yang dilengkapi dengan dua buah port USB. Dengan dua port USB anda tidak perlu lagi bergantian untuk sharing printer dan storage.

ASUS RT-N16 Wireless-N Gigabit Router

ASUS RT-N16 wireless router ini masih diusung dengan teknologi draft 802.11n. Kita tahu bahwa IEEE telah meng-approve standard draft 802.11n ini menjadi versi final Sep 2009 lalu. Tidak ada banyak perubahan sebenarnya dari versi draftnya hanya beberapa opsi saja. Tapi nggak afdol kalau belum yang versi final bukan. Router ini dilengkapi dengan interface LAN dan WAN Gigabit Ethernet dan juga dilengkapi dengan dua buah USB port untuk memungkinkan anda sharing printer dan storage pada saat bersamaan.

Asus RT-N16U

Bagusnya lagi dari ASUS RT-N16 ini adalah dilengkapi dengan AiDisk yang memungkinkan anda share storage agar bisa diakses dari mana saja lewat Internet dengan nama yang gampang diingat menggunakan DDNS address misal ftp:// Nama-anda.Asuscomm.com

DIR-632 D-Link

Tidak seperti ASUS RT-N16, D-Link DIR-632 ini diusung dengan technology terbaru wireless 802.11n versi final. Dan bagusnya lagi bahwa router ini dilengkapi dengan 8 buah port LAN 100Mbps Ethernet dan satu buah port USB. 8x port adalah sangat menguntungkan bagi anda yang menginginkan kerja kolaborasi atau untuk kantor rumahan dengan sebuah printer di share melalui port USB.

Dlink DIR632

Route ini mendukung Windows® 7, Windows Vista®, Windows® XP SP3, or Mac OS® X (v10.4).

Tentunya jika anda menginkan koneksi wired dengan kecepatan tinggi, anda bisa menggunakan D-Link DIR-665 versi terbaru dengan dual-band selectable, gigabit interface (WAN dan LAN ports).

Belkin New Max Play

Belkin memperkenalkan seri router terbarunya baik Surf, Share, Play dan Max yang mengusung teknologi 802.11n versi final. Rupanya Belkin mau mengganti jajaran router versi draft 802.11n nya dengan jajaran versi ini. Semuanya menggunakan teknologi MIMO dual-plane untuk cakupan wireless lebih luas dari rumah anda.

Belkin N600 DB

Router2 ini dilengkapi dengan Torrent Genie App yang memungkinkan anda download dari Torrent ke storage anda walau komputer anda shutdown ataupun asleep. Router2 ini dilengkapi dengan sebuah USB port (2 port untuk Max Play) dengan Print Gennie App untuk memudahkan sharing printer anda.

Belkin juga memperkenalkan dua seri Belkin HD N600 yang juga dilengkapi dengan USB port, seri pertama dengan 1 USB port dan satunya lagi 2 buah USB port untuk printer dan storage.

© 2015 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·