Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Elearning, News, Uncategorized » Mari Berkenalan dengan SAP

SAP adalah singkatan dari Systems Application and Products in Data Processing. SAP didirikan sekitar tahun 1970 oleh 5 engineer IBM dan menjadi salah satu perusahaan besar saat ini. Produk dari SAP adalah Enterprise Resource Planning (ERP) software. Jika anda ingin mendapatkan penjelasan mendalam mengenai ERP. Produk ERP dari SAP banyak digunakan oleh perusahaan besar (large enterprise) saat ini. Berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Gartner di tahun 2008, SAP digunakan oleh 70% Fortune 100 Companies dan 50% Fortune 500 Companies.

Walaupun banyak produk sejenis, namun SAP berhasil menjadi market leader karena menjadi pioneer yang berhasil mengintegrasikan semua aktivitas di tiap bagian perusahaan dengan satu sistem yang sangat baik. Pengguna tidak akan merasa seperti sedang menggunakan sistem atau modul-modul yang terpisah.

Pada awalnya, SAP didesain untuk diimplementasikan pada sebuah komputer mainframe dan software ini disebut R/2. Setelah itu, SAP mengembangkan produknya yang disebut R/3 dan menjadi sistem berbasis client-server. Versi-versi selanjutnya sering disebut Enterprise Central Component (ECC). Setelah sukses dengan R/3, SAP mulai mengembangkan bisnisnya dengan menghasilkan produk seperti Business Intelligence (BI), Customer Relationship Management (CRM), Supplier Relationship Management (SRM) dan lainnya. Seiring berkembangnya jaman, SAP juga mulai mengembangkan sistemnya menjadi web-based sehingga dapat dibuka melalui browser. Sistem berbasis web ini dikembangkan dalam sebuah lingkup baru yang disebut mySAP.

Modul-modul dan Produk SAP

Pada sekitar tahun 90an, SAP memiliki beberapa modul untuk sistem ERPnya, yaitu:

  1. FICO – Finance and Controlling
  2. SDSales & Distribution
  3. MMMaterials Management
  4. PPProduction Planning
  5. QMQuality Management
  6. SMService Management
  7. WMWarehouse Management
  8. TMTransportation Management
  9. HRHuman Resources
  10. PSProject Systems

Setelah semakin banyak perusahaan yang menggunakannya, SAP mengembangkan produknya sesuai dengan berkembangnya kebutuhan perusahaan. Produk-produk ini disebut SAP Business Suite. Berikut adalah beberapa produknya:

  1. CRMCustomer Relationship Management
  2. SRMSupplier Relationship Management
  3. PLMProduct Lifecycle Management
  4. SCMSupply Chain Management
  5. APO Advanced Planner and Optimizer
  6. e-Procurement
  7. FSCMFinancial Supply Chain Management
  8. EHSEnvironment Health and Safety
  9. SEMStrategic Enterprise Management
  10. BIBusiness Intelligence
  11. EWMExtended Warehouse Management
  12. dan lainnya.

SAP juga mengembangkan produk yang disebut Industry Solutions (IS). SAP Industri Solutions adalah ERP yang dikhususkan perusahaan berdasarkan jenis atau tipe bisnis dari perusahaan tersebut. SAP merasa bahwa kebutuhan perusahaan yang memiliki tipe bisnis sejenis dapat digeneralisasikan. Seperti misalnya Nike dan Reebok adalah perusahaan sepatu. Karena tipe bisnis mereka sejenis, kebutuhan mereka terhadap ERP juga tidak terlalu berbeda jauh, sehingga dapat digeneralisasikan. Berikut adalah beberapa contoh ERP IS.

  1. IS-AFSApparel and Footwear
  2. IS-OILOil and Gas
  3. IS-UtilUtilities
  4. IS-RetailRetail
  5. IS-AUTO - Automotive
  6. MediaMedia

Produk-produk SAP juga dikategorikan berdasarkan skala bisnis dari perusahaan. Berikut adalah pembagiannya.

  1. SAP Business Suite – Sistem Enterprise bagi perusahaan skala besar (large enterprise). SAP Business Suite terdiri atas SAP ERP (komponen paling utama), SAP CRM, SAP PLM, SAP SRM, SAP SCM.
  2. SAP Business All in One atau SAP Business By Design – Sistem Enterprise bagi perusahaan skala menengah (mid-sized enterprise).
  3. SAP Business One – Sistem Enterprise bagi perusahaan skala kecil (small enterprise).

Hingga saat ini, SAP juga telah mengembangkan produk berbasis cloud dan mobile. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan bisnis dan teknologi ke depannya.

Layanan, Support dan Ekosistem dari SAP

Produk software adalah core business dari SAP. Namun SAP juga memiliki layanan, support dan ekosistem yang sangat baik di bisnisnya. Berikut adalah layanan dan support SAP yang sangat bermanfaat bagi pengguna ataupun pengembang.

  1. SAP Consultant – Layanan konsultasi bagi pengguna SAP untuk memberikan solusi terbaik berbasiskan SAP bagi permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan.
  2. SAP Education – Pelatihan bagi pengguna dan para profesional di bidang SAP. SAP juga memberikan sertifikasi untuk menunjukkan bahwa seseorang telah menjadi ahli dalam teknologi SAP.
  3. SAP Ecosystem - Wadah bagi pelanggan, karyawan, business partner dan semua komunitas SAP untuk saling membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi.
  4. SAP Community Network – Komunitas dalam SAP Ecosystem yang bersifat khusus seperti SAP Developer Network, atau Business Process Expert Community.

Semua layanan, support dan ekosistem dari SAP ditujukan agar semua pihak yang terlibat di SAP dapat saling berinteraksi untuk memudahkan satu sama lain. Dengan demikian, banyak software ERP yang akan digunakan secara tepat, efektif dan efisien berdasarkan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Sekian sharing dari saya mengenai SAP. Semoga dapat memberi gambaran awal sebelum belajar lebih dalam tentang SAP, baik secara teknis pengembangan, implementasi ataupun penggunaan. Informasi yang lebih lengkap dapat anda temukan di website resmi SAP. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

© 2014 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·