Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Elearning, Tips And Trick, Uncategorized » Tips Cara Protect Cell/Coloumn/Rumus Ms Excel

excel

excel

Seringkali kita perlu mem-protect cell/coloumn/rumus excel untuk keamanan data, atau mungkin agar rumus yg sudah capek-capek kita buat tidak dapat dilihat atau terdeteksi atawa diotak-atik oleh orang lain ketika membuka file yg kita buat :)
Saya tidak akan membahas hukum hal tersebut, karena hal tersebut mungkin akan terkesan pelit ilmu karena rumus-rumus pada file excel yang sudah kita buat tidak bisa dilihat atau terdeteksi oleh orang lain.

Alaah, masa bodoh dengan pemikiran orang lain ya sob, yang penting data kita tidak terotak-atik. hee
Ok lah, langsung ajah ke langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah blok sel yang akan kita sembunyikan rumusnya.
  • Pilih Format>Cell, pilih tab Protection.Aktifkan Locked untuk menguncinya dan Hidden untuk menyembunyikannya lalu klik OK.
  • Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar kita sewaktu-waktu bisa merubah data yang telah ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Kemudian jangan aktifkan Locked dan Hidden.
  • Pilih Tools>Protection>Protect Sheet…. Akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Aktifkan Contents, kemudian ketik password yang akan digunakan, lalu OK. Muncul dialog Confirm Password untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu OK. Dan, sim salabim… rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.
  • Untuk memunculkannya kembali, pilih Tools>Protection>Unprotect Sheet…. Ketik password-nya, lalu OK. Dan, abrakadabra… rumus akan muncul kembali.

Yang perlu Anda perhatikan, password harus selalu diingat karena bila lupa kita tidak bisa unprotect atau memunculkan rumus tersebut. Untuk menjaganya, kita bisa membuat daftar password pada file atau dokumen terpisah (ribet amat yow, makanya orang pelupa ataba pikun itu susah dan menyusahkan sob! hee)

Ok, itu saja ulasan kali ini tentang cara mem-protect cell/coloumn/rumus pada Ms Excel. Semoga Bermanfaat yoah!

© 2014 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·