Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Tips And Trick, Uncategorized » Tips Mengatasi Error 403 di Google Play Store Android

Error pada playstore

Error pada playstore

Pasti asyik ya kalau punya Android baru. Tentu sudah terbayang berbagai aplikasi yang akan kamu unduh di gadget baru kamu itu. Kamu pun lalu membuka Google Play, memasukkan akun Google, dan bersemangat memilih aplikasi. Setelah ketemu aplikasi yang diinginkan, tombol Install langsung saja disergap. Proses pengunduhan dimulai.

Tapi impian segera buyar ketika ditengah jalan proses pengunduhan batal dan kamu dihadapkan pada notifikasi “could not be downloaded due to an error.” (403). Berdasarkan ekplorasi dari berbagai sumber, banyak hal yang mengakibatkan munculnya notifikasi ini. Seperti halnya di web, error ini terjadi karena masalah jaringan internet yang kamu gunakan, baik selular maupun Wifi. Alasannya, terkait masalah koneksi. Namun berdasarkan informasi yang dikumpulkan PCplus, ada juga yang mengalami hal ini terkait dengan akun Google mereka. Nah, untuk menyelesaikannya, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

- Terkait Akun Google
Pada pilihan dropdown menu di Google Play, pilih account dan pilih akun yang akan kamu gunakan di Google Play.
Kalau tidak berhasil, pada dropdown menu yang sama pilih Setting > Clear search history.
Masih tidak berhasil? Dari home pilih Setting > Application > Google Play > clear data dan clear cache. Lalu buka dan login lagi ke Google Play.

- Kalau ini terjadi saat kamu terkoneksi ke jaringan Wifi.
Matikan Wifi, ganti ke jaringan selular.

- Tapi kalau ini terjadi ketika kamu menggunakan jaringan selular.
Periksa apakah proxy diaktifkan, kalau aktif, matikan
Settings > Wireless & Networks > MOre > Mobile Networks > Access Point Names (APNs) > jaringan operator > Proxy (nonaktifkan/ hapus)

Kalau proxy memang tidak aktif, kemungkinan lainnya adalah masalah setting internet yang kamu pakai dari operator. Pastikan APN-nya menggunakan setting untuk internet broadband bukan setting WAP/GPRS. Kalau pilihan APN itu tidak tersedia, buat APN baru. Caranya,
Settings > Wireless & Networks > MOre > Mobile Networks > Access Point Names (APNs) > New APN (dari dropdown menu)
Masukkan nama APN, APN, username, dan password koneksi broadband dari operator yang kamu gunakan.

© 2013 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·