Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » News, Software, Uncategorized » Download 4 Aplikasi Gratis Untuk Membangun SMS Gateway Berbasis Web

sms gateway

sms gateway

Mungkin di antara pembaca sekalian ada yang masih bertanya-tanya, apa itu SMS Gateway? SMS Gateway adalah sebuah platform yang menyediakan mekanisme untuk mengirim dan menerima SMS dari peralatan mobile melalui SMSC (Short Message Service Center).

SMSC merupakan jaringan telepon seluler yang menangani pengiriman SMS. Jadi, ketika seseorang mengirimkan sebuah pesan SMS melalui ponselnya, SMSC bertugas mengirimkan pesan tersebut ke nomor tujuan. Kita dapat memanfaatkan mekanisme tersebut untuk mengirim SMS melalui komputer, salah satunya yaitu melalui aplikasi berbasis web.

Aplikasi SMS Gateway biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran konten produk/jasa dan lain-lain. Karena relatif lebih mudah untuk diimplementasikan, SMS Gateway dengan menggunakan ponsel GSM/CDMA modem cukup berkembang dan banyak digunakan.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi mengenai aplikasi-aplikasi gratis SMS Gateway berbasis web yang bisa dimanfaatkan oleh pembaca sekalian. Pembaca dapat mengembangkan sendiri aplikasi SMS Gateway untuk tujuan tertentu melalui platform-platform berikut.

1. Gammu & Wammu

Gammu pada dasarnya adalah sebuah library untuk membangkitkan SMS Gateway. Karena sifatnya yang open source dan mendukung banyak jenis modem, Gammu sangat populer dalam pengembangan sistem/aplikasi berbasis SMS Gateway.

Pengembang web dapat dengan mudah membuat sistem aplikasi SMS Gateway sederhana hanya dengan menggunakan script PHP dan database MySQL, dengan bantuan Gammu. Dokumentasi Gammu sangat lengkap dan mudah untuk diikuti bagi pemula. Wammu merupakan versi GUI dari Gammu.

2. Kalkun

Kalkun merupakan SMS Gateway open source berbasis web yang tinggal pakai. Tidak seperti pada Gammu, pada Kalkun pengguna tidak perlu melakukan coding. Pengaturan parameter SMS Gateway, yang meliputi jenis modem, nomor port, dan sebagainya dapat dilakukan melalui GUI yang sudah disediakan. Instalasi Kalkun sangat mirip dengan cara instalasi aplikasi web berbasis CMS (Content Management System).

Beberapa fitur menarik dari aplikasi Kalkun ini yaitu seperti Multiple database backend, Multiuser, Conversation, Flash SMS, Custom folder management, Phonebook management, SMS bomber, SMS advertisement, SMS content/member,Simple Auto Reply, dan Unicode support.

3. PlaySMS

PlaySMS termasuk platform SMS Gateway yang sudah cukup lama berkembang, tepatnya sejak tahun 2003 dan masih eksis sampai saat ini. PlaySMS merupakan sistem portal mobile berbasis web yang fleksibel dalam menangani layanan-layanan seperti SMS Gateway, bulk SMS, personal messaging systems, hingga alat komunikasi korporasi (grup).

Fiturnya yang sangat lengkap dapat dijadikan alternatif yang tepat untuk membangun sistem SMS Gateway.

4. Kannel

Kannel
merupakan aplikasi open source untuk WAP dan SMS Gateway. Akan tetapi, Kannel hanya dapat dikembangkan di dalam sistem UNIX (Linux).

Kannel menyediakan layanan untuk mengirim SMS melalui komputer yang dilengkapi modem, WAP Push Service, dan konektivitas mobile internet. Untuk menggunakan Kannel, pengembang harus memahami cara memprogram dan menggunakan perintah-perintah dasar yang disediakan oleh Kannel.

© 2013 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·