Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Hardware/Gadget Review, News, Uncategorized » Review: HTC 8S, Ponsel Windows Phone 8 dengan Desain Terbaik

HTC 8S

HTC 8S

Microsoft selama ini memang menjalin kerjasama khusus dengan Nokia dalam membesut perangkat berbasis Windows Phone. Namun, HTC bergerak cepat saat Microsoft merilis Windows Phone 8.

Dua smartphone berbasis Windows Phone 8 pun diperkenalkan HTC. Salah satunya adalah HTC 8S. Meskipun smartphone ini kalah kelas dibanding HTC 8X, namun 8S tetap hadir dengan beragam keunggulan.

Keunggulan utama terletak pada simplisitas desain yang berpadu dengan ragam warna menarik. Selain itu, daya tarik tentu saja terdapat pada sistem operasi Windows Phone 8 yang hadir dengan inovasi baru Microsoft, dengan rancangan untuk memperkuat sistem operasi Windows 8.

Dengan demikian, ekosistem tentu saja menjadi andalan perangkat Windows Phone 8 besutan HTC. Dengan demikian, smartphone pun akan tersinkronisasi secara sempurna dengan tablet atau PC desktop yang berbasis Windows 8.

Seperti apa kinerja dan performa HTC 8S? Berikut paparannya:

Desain:

8s hadir dengan desain dan warna menarik. Tampilan muka yang kotak berpadu sempurna dengan desain tile yang ada di Windows Phone 8. Sedangkan bagian belakang hadir dengan bentuk curve yang apik.

Body terbuat dari bahan polycarbonate. Terlihat halus dan ringan, tanpa memperlihatkan kesan sebagai perangkat berbahan plastik. Desainnya ini menjadikan The Verge menjadikan HTC 8S sebagai perangkat Windows Phone dengan desain terbaik saat ini.

Ponsel ini hadir dengan layar 4 inci dan resolusi 480 x 800 pixel (kepadatan layar 233 ppi). Sedangkan layar yang digunakan adalah Super LCD

Dengan dimensi 120,5 x 63 x 10,3 mm, HTC 8S begitu ringan saat digenggam, dengan bobot hanya 113 gram.

HTC 8S

Bagian depan begitu terlihat simpel, dengan tombol “menu“, “back“, dan “search” seperti umumnya perangkat WP yang lain. Di sisi kiri terdapat tombol pengatur volume dan foto. Tombol foto ini sekaligus menjadi shortcut untuk terhubung langsung ke fitur kamera. Sisi kanan terlihat polos semata.

Adapun di bagian atas terdapat lubang earphone dengan jack 3,5 mm dan tombol power. Sedangkan di bagian bawah terdapat lubang untuk koneksi micro-USB.

Untuk slot kartu micro-SIM, HTC meletakkannya di bagian bawah. Caranya dibuka seperti memotek. Selain micro-SIM, HTC juga meletakkan slot micro SD di bagian ini.

Windows Phone 8

Sistem operasi ini tampil dengan user interface khas WP dengan susunan tile di menu utama. Sama seperti di seri Mango, sistem operasi ini menghadirkan keseluruhan menu dengan men-swipe layar ke sisi kanan. Setelah itu, maka semua app akan hadir di menu ini dalam posisi memanjang secara vertikal.

HTC membenamkan sejumlah aplikasi khusus secara default. Salah satunya adalah app HTC, yang memberikan informasi cuaca, saham, dan berita.

Windows Phone 8 tentu menjadi platform yang menarik bagi mereka yang senang dengan simplisitas. Tak seperti Android yang bisa lakukan setting secara bebas, penempatan ikon di WP masih terlihat monoton.

Tapi kelebihan Windows Phone 8 tentu saja di ekosistem. WP 8 begitu mudah tersinkronisasi dengan perangkat Windows 8.

Begitu terhubung dengan menggunakan kabel USB, maka akan muncul tile WP 8 di halaman utama Windows 8. Dengan mengklik tile ini, maka semua aktivitas transfer data antara dua perangkat ini berjalan begitu mudah.

Selain itu, terdapat pula aplikasi Xbox Smartglass. Ini memungkinkan integrasi tiga perangkat antara smartphone, PC, dan konsol Xbox bisa berjalan.

Kinerja dan Performa

HTC 8 S menggunakan Qualcomm Snapdragon S4 dual core 1 GHz Krait dengan GPU Adreno 305. Ini menjadikan kinerja smartphone ini berjalan dengan proses yang cukup cepat.

Beragam aplikasi dan game yang dicoba bisa dijalankan dengan lancar. Streaming video bisa berjalan tanpa lag, tentu jika disertai dengan jaringan internet yang lancar.

Saat dilakukan uji benchmark dengan aplikasi Antutu Benchmark, nilai keseluruhan yang didapat adalah 7043. Lihat hasil benchmark dari foto di bawah ini:

Hasil uji benchmark HTC 8S

Untuk konektivitas jaringan, HTC 8S berjalan di jaringan 2G dan 3G HSDPA. Dengan demikian akses internet pun bisa berjalan dengan baik. Untuk konektivitas perangkat, 8S dilengkapi dengan Bluetooth v.3.1, Wi-Fi, dan port microUSB.

Untuk memori, sayangnya RAM yang digunakan hanya 512 MB. Kapasitas yang ada di 8S juga cuma 4 GB untuk internal. Sedangkan slot microSD memungkinkan penambahan kapasitas hingga 32 GB.

Sedangkan untuk daya tahan baterai, ponsel ini terbilang lumayan. Untuk penggunaan normal, dengan sesekali browsing dan main game, HTC 8S bisa bertahan lebih dari seharian. Namun, jika terus-terusan digunakan, baik itu untuk browsing atau bermain game, tentu daya baterai yang digunakan akan berkurang dengan cepat.

Kamera:

HTC selama ini dikenal menghasilkan ponsel dengan kamera terbaik. Sayangnya, kamera yang ada di HTC 8S tak hadir sebaik dengan yang ada di 8X.

Misalnya saja, jika 8X hadir dengan inovasi ultra wide angle 88 derajat yang memungkinkan ruang potret lebih lebar di kamera depan, sebaliknya 8S tak dilengkapi kamera depan. Tentu tak adanya kamera depan menjadikan fitur Skype yang seharusnya terintegrasi dengan fitur Microsoft lain, menjadi sia-sia karena tak bisa digunakan.

Meski begitu, kamera belakang 5 MP dan 720p autoflash ini tetap mampu memberikan hasil foto yang bagus. Apalagi ponsel ini juga disertai dengan autofocus, LED flash fitur: geo-tagging, touch focus, dan face detection.

Lihat hasil foto di bawah ini:

Hasil foto yang diambil dari kamera di HTC 8S Hasil foto yang diambil dari kamera di HTC 8S


Harga:

HTC awalnya membanderol 8S seharga Rp 3,2 juta. Tapi kini di pasaran beredar dengan harga kisaran Rp 3,15 juta hingga Rp 3,2 juta.

Kelebihan:

HTC 8S merupakan smartphone yang begitu mempesona secara fisik. Desain dan ragam warna yang hadir memang menjadi pemikat utama smartphone ini.
Begitu pula dengan sistem operasi Windows Phone 8.

Dengan mengandalkan ekosistem Windows 8, tentu ini memudahkan integritas smartphone dengan tablet, laptop, atau PC desktop yang menggunakan Windows 8.

Kekurangan:

Sayang HTC tak melengkapi ponsel ini dengan kamera depan. Sehingga fitur Skype tak bisa dimanfaatkan optimal. Selain itu memori yang terbatas 512 MB pun perlu menjadi catatan sendiri yang jadi kekurangan ponsel ini.


Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 | 3G HSDPA 900/2100

Dimensi:
120,5 x 63 x 10,3 mm / 113 gram

Layar: 4 inch S-LCD capacitive touchscreen, 480x800p, 16 juta warna

Memori: 4 GB (internal), slot micro SD hingga 32 GB | 512 MB RAM

Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n | Bluetooth v3.1 with A2DP EDR | microUSB v2.0

Kamera: 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash fitur: Geo-tagging, touch focus, face detection | Video Record [email protected]

OS: Windows Phone 8

Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4 Dual-core 1 GHz Krait | GPU Adreno 305, Sensors Accelerometer, proximity

Browser: HTML5

Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email

Fitur: GPS support A-GPS and GLONASS, | SNS integration – 7GB free SkyDrive storage- Document viewer – Voice memo/dial – Predictive text input

Fitur lain: Micro SIM | Video Player MP4/H.264/H.263/WMV player | MP3 Player MP3/WAV/WMA/eAAC+ player

Baterai: Standard battery, Li-Po 1700 mAh

© 2012 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·