Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Handphone / Gadget, Uncategorized » Download aplikasi GPS di Android yang gratisan

Waze-Community-GPS-navigation-Android-App

Waze-Community-GPS-navigation-Android-App

Secara hardware handphone gw sebetulnya sanggup mengetahui posisi si handphone berdasarkan koordinat. Tapi itulah hardware, butuh software lagi untuk menggunakan software lagi supaya bisa jalan dan berguna. Selain hardware – software – juga perlu database update tentang kondisi jalan dan semuanya tentu harus bekerja kompak!

Untuk android saya coba beberapa aplikasi GPS yang diharapkan bisa membantu saya. Yang saya butuhkan adalah sebagai berikut:

  1. GPS dengan turn by turn navigation
  2. 3D GUI
  3. Kalau bisa yang mapnya di download ke memory card atau paling tidak routenya bisa di download (kalau ada)
  4. Tentunya kalau bisa gratis atau murah
  5. Jakarta dan Indonesia friendly (tentunya)
Dari searching aplikasi yang akhirnya saya coba adalah:

Google Navigation

Aplikasi ini bawaan handphone Android mulai OS 1.6, konon ini aplikasi canggih banget. Saya bilang “konon” karena aplikasi ini tidak berhasil saya cobakan?! Begitu start, aplikasi ini terus mencari “Checking navigation availibility”. Padahal di background ketika saya menyalakan aplikasi maps, posisi saya terdeteksi dengan cepat.
Saya coba cari-cari di forum katanya saya harus memasang aplikasi lain fast reboot, kemudian, mematikan maps lewat force quit, menghapus cache maps, kemudian menghidupkan maps baru navigation… <-Yang saya coba berkali-kali tidak berhasil.
Kemudian ada posting lagi yang mengatakan kalau sampai saat ini Google Navigation baru tersedia di US?!  Ini karena Google belum memperoleh ijin mengoperasikan Google Navigation di luar US.
Ya sudah… pastinya saya nggak bisa pakai lah…

Google Maps

Aplikasi ini juga lumayan! Yang penting gratis ui!
Tinggal search tempat yang mau dituju kemudian direction…
Saya katakan lumayan karena aplikasi ini masih memilik banyak kekurangan, saya tidak bisa mengatur mau lewat mana, semuanya diserahkan ke Google. Kemudian juga saya baca (belum coba sendiri) kalau misalnya kita salah jalan, maka aplikasi in membutuhkan koneksi internet untuk menghitung kembali perjalanan…
Rupanya proses computing dan perhitungan tetap di google… Handphone hanya berfungsi sebagai tampilan saja… weleh-weleh.
Juga aplikasi ini bukan model aplikasi turn by turn.
Reportnya model aplikasi ini ketika mau pergi ke daerah sulit dimana justru sangat dibutuhkan panduan dari GPS, belum tentu ada koneksi disana…

Waze

Waze ini  taglinenya Real-time maps and traffic information based on the wisdom of the crowd. Mangsudnya waze ini GPS dengan basis komunitas! Dimana keadaan jalanan bisa dilaporkan oleh pemakai waze (disebut wazer) yang mengabarkan situasi jalan… misalnya ada macet, kecelakaan dan lain-lain, Kedengerannya harusnya keren kan?

Sayangnya waktu saya coba aplikasi ini tidak bisa menghitung jalan dari rumah ke kantor. Bahkan ketika saya coba panduan dari rumah ke Mal Ambasador pun tidak bisa diberikan.

Jadi, mau coba lihat-lihat dulu yang berbayar …

© 2011 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·