Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Kesehatan/Health, Uncategorized » Awas Kelelahan saat Mudik

Lebaran semakin dekat. Berita arus mudik telah menghiasi kota Jakarta jelang hari raya Idul Fitri. Kecelakaan lalu lintas seakan telah menjadi bumbu dari roman Lebaran dari tahun ke tahun. Berbagai hal telah menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan di Indonesia. Mulai dari buruknya infrastruktur yang ada sampai faktor manusianya ditengarai sebagai penyebab utama tingginya angka kecelakaan.

Tidak bisa dipungkiri, faktor kelelahan juga ikut andil sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas. Hilangnya konsentrasi dan datangnya kantuk saat berkendaraan masih sering kita dengar sebagai penyebab dalam beberapa kasus kecelakaan saat ini. Nah, melihat kondisi tersebut tak ada salahnya kita menaruh perhatian terhadap permasalahan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan kelelahan? Kelelahan pada umumnya disebabkan oleh masalah psikologi seperti perasaan kekurangan tenaga, kepenatan atau keletihan pada pikiran dan fisik seseorang. Dalam bidang kesehatan, kelelahan identik dikaitkan dengan kebosanan, kesedihan, kekecewaan, kurang tidur, atau bekerja yang tak kenal waktu.

Perlu diketahui bahwa rasa letih berbeda dengan rasa kantuk, tetapi biasanya keinginan untuk tidur akan timbul seiring dengan datangnya rasa lelah yang menghinggapi seseorang.

Penyebab rasa kelelahan bisa beraneka ragam. Kurang tidur, bekerja tak kenal waktu, stres dan mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan masih menjadi penyebab utama dalam berbagai kasus kecelakaan di jalan raya.

Tanda-tanda keletihan juga bisa dilihat dari beberapa hal. Kerap menguap, konsentrasi yang buyar, murung, tidak nyambung saat diajak berbicara dan sering melamun merupakan gejala orang yang keletihan. Bahkan yang parah terkadang orang yang letih tidak bisa membedakan rambu-rambu yang ada. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mudik lebih baik tidak dilakukan seorang diri.  

Apabila Anda atau teman ada memperlihatkan gejala kelelahan alangkah baiknya jika menggunakan tips sikapi kelelahan yang ada. Di antaranya, istirahat sejenak di tempat yang aman, lakukan perbincangan dengan teman Anda, turun dari kendaraan dan berjalan-jalan sejenak, kalau memungkinkan lebih baik mandi biar segar kembali, kalau cara di atas sudah tidak manjur,  lebih baik anda istirahat atau bermalam.

Kelelahan mungkin menurut beberapa orang merupakan masalah sepele. Tapi yang jelas tingginya angka kecelakaan, khususnya pada arus mudik perlu menjadi pertimbangan bagi para pemudik. Jangan pernah memandang sebelah mata terhadap “lelah” yang mendera atau semuanya akan berakhir dengan malapetaka.


© 2008 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·