Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Computer, Elearning, Uncategorized » Algoritma Cek Digit Pada Kartu Kredit

Di dunia nyata tentunya Anda sudah mengetahui, atau setidaknya mendengar bagaimana kartu kredit telah diterima secara luas di masyarakat. Berbagai toko, dan penyedia layanan jasa telah menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Saat ini di dunia maya (Internet), pembayaran dengan kartu kredit juga sudah mulai diterima secara luas. Berbagai kejahatan telah sering dilakukan dengan penggunaan kartu kredit ini, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Namun di artikel ini saya tidak akan membahas mengenai keamanan kartu kredit, saya hanya membahas suatu hal kecil yang disebut sebagai pengecekan digit pada kartu kredit. Hal ini memang cukup kecil, namun patut diketahui oleh semua orang.

Dalam proses pembayaran di Internet dengan menggunakan kartu kredit, ada suatu proses yang sangat diperlukan yaitu authentication, hal ini merupakan proses untuk membuktikan bahwa nomor kartu kredit yang dimasukkan adalah benar, dan yang memasukkan adalah orang yang berhak untuk menggunakan kartu itu. Hal ini tampaknya mudah dilakukan, sebuah program bisa langsung dihubungkan ke server bank dan bisa langsung diperiksa, tapi hal ini tentunya cukup menyita waktu, bagaimana jika nomor kartu yang dimasukkan ternyata salah ketik?, segala koneksi ke server bank, segala pencarian data dan lain-lainnya tentunya akan sia-sia.

Untuk (sedikit) memecahkan masalah di atas, nomor kartu kredit telah dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan dilakukannya pengecekan awal sebelum sebuah nomor diperiksa melalui bank yang bersangkutan. Pengecekan ini adalah pengecekan kombinasi digit yang lazim dikenal dengan nama algoritma cek digit. Algoritma cek digit yang dipakai di kartu kredit adalah algoritma cek digit Luhn (Luhn check digit algorithm).

© 2008 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·