Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Computer, Internet, Tips And Trick, Uncategorized » Solusi dan Cara Chatting Yahoo Messenger berbasis Web Tanpa install YM

Sekali lagi tentang Yahooooooouu?

Kalau saja komputer Anda tidak terinstall Yahoo Messenger?. sekarang sudah tidak perlu bete lagi karena sudah ada Yahoo Messenger berbasis web, langsung dari pabriknya sendiri alias Yahoo Inc.

Pada tulisan ini saya ingin bercerita sedikit kesan dan pesan ber-YM berbasis web (pesannya buat sapa yah ;D).

Langsung saja neh.. kalau mau lihat contoh tampilan Yahoo Web Messenger:

Tampilan Yahoo Messenger Web ini cukup bagus, menggunakan teknologi Flash (bukan Ajax seperti Meebo) sehingga memungkinkan tampilan yang lebih menarik serta interaktifitas user interface yang cukup baik sehingga memudahkan kita untuk berpindah sesi chat dengan klik pada tab chatting, menampilkan kontak dengan klik pada group contact, mengganti status message hanya dengan langsung menempatkan mouse di status message kemudian mengetik yang baru, atau pun mengubah ukuran window dengan menggeser batas antara window chat dengan daftar contact.

Kalau dibandingkan dengan Meebo seharusnya WebMessenger Yahoo lebih bagus dan stabil karena menggunakan Flash, bukan Ajax yang kadang bermasalah apabila ada fitur-fitur yang memanfaatkan teknologi Javascript yang agak rentan dengan kompatibilitas/dukungan dari bermacam-macam browser yang ada.

Lebih bagus karena tampilan visual menggunakan Flash akan lebih menarik soalnya Flash adalah berbasis vektor sehingga apabila image atau gambar yang ada di resize(diperbesar, diperkecil) hasilnya tetap bagus. (Vektor itu adalah gambar jenis kartun, bukan seperti Photo kalau Anda kurang tahu tentang arti gambar vektor)

Apabila Anda tidak bisa menampilkan webmessenger ini Anda mungkin perlu melakukan download Flash Player plugin.

Secara keseluruhan penulis mendapati kesan cukup dari aplikasi webmessenger yahoo ini, walau ada sebagian fungsi dari Yahoo Messenger non Web yang hilang seperti:

1. Buzz dengan penekanan tombol Ctrl – G tidak aktif di sini

2. Audibles tidak aktif

3. Emoticon kurang lengkap

Tetapi ada kelebihan yang penulis dapati juga:

1. Tampilan yang cukup menarik dari segi desain bahkan window chatnya menarik karena kata-kata kita dikelompokkan dalam callout (callout itu balon yang melingkupi kata-kata atau kalimat yang biasa digunakan di komik).

2. Responsivitas yang cukup bagus

3. Tidak perlu install apapun

4. Archive dan Offline Message juga ada

Kalau Anda belum mencoba, sudah saatnya mencoba? versi Beta dari webmessenger yahoo ini di http://webmessenger.yahoo.com

© 2007 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·