Plugin CA-AmazonS3 untuk Wordpress | Blog Bilcyber.com

Plugin CA-AmazonS3 untuk WordPress

Amazon Simple Storage Service (S3) adalah layanan penyimpanan file secara online dari Amazon. Berbeda dari situs layanan sejenis, S3 memungkinkan kita untuk memproteksi akses terhadap file-file yang kita miliki dan hanya memperbolehkan orang-orang tertentu saja yang bisa mengunduhnya. Selain itu, kita juga bisa memberikan akses terhadap suatu file secara terbatas alias dalam jangka waktu tertentu saja. Bahkan, jika Anda jago coding, Anda dapat pula membuat sebuah script yang secara otomatis membackup file-file yang ada di server hosting Anda ke dalam server Amazon S3. Menarik, bukan?

Selain hal-hal di atas, alasan saya menggunakan S3 sebagai server mirror dari file-file PanduanDasar.Com adalah biayanya yang relatif sangat murah. Bayangkan, untuk setiap 1GB ruang harddisk yang Anda gunakan, Anda hanya perlu membayar $0.15 saja. Sedangkan untuk pemakaian bandwidth, biayanya hanya $0.1 / GB (upload) dan $0.17 / GB (download). Sangat terjangkau, bukan? Bayarnya di belakang loh, jadi Anda juga bisa menyiapkan dana di kartu kredit Anda terlebih dahulu.

Bagi Anda pembuat produk digital, layanan ini tentu saja sangat cocok digunakan untuk menyimpan file-file produk Anda. Apalagi jika yang Anda tawarkan adalah file-file video yang berukuran segede gajah bengkak lagi hamil, hehehe. Dan ingat, Anda tidak perlu khawatir bahwa file-file produk Anda akan melanglang buana tanpa seijin Anda karena sistem proteksi akses dari S3 sangat aman dan layak untuk diandalkan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam menggunakan layanan Amazon S3, PanduanDasar.Com telah membuat sebuah plugin sederhana yang menjembatani blog WordPress Anda dengan Amazon S3. Plugin ini saya beri nama CA-AmazonS3.

Untuk saat ini, saya baru menyediakan satu fungsi saja di dalam plugin tersebut. Meskipun hanya satu, namun fungsi ini lah yang paling banyak dibutuhkan oleh pengguna layanan Amazon S3, yaitu fungsi untuk mempersiapkan download link ke file yang telah Anda simpan di dalam server S3. Itu saja? Tentu tidak. Download link tersebut juga telah diatur agar hanya dapat diakses dapat jangka waktu tertentu saja. Dengan demikian, tidak mungkin akan ada yang menyebarluaskan download link tersebut :)

Download Plugin CA-AmazonS3

ca-amazons3.zip (v0.1, 14/11/2009)

Instalasi Plugin CA-AmazonS3

  1. Unduh plugin dari tautan di atas dan install ke dalam blog WordPress Anda. Aktifkan.
  2. Edit plugin tersebut dan ubah konfigurasi Access Key dan Secret Key sesuai dengan data Access key dan Secret Key yang Anda miliki.
    $accessKey = 'Change This With Your Access Key';
    $secretKey = 'Change This With Your Secret Key';
  3. Optional, Anda juga bisa mengubah setting durasi expired default untuk download link yang tercipta. Nilai ini dalam satuan detik dan defaultnya adalah 24 jam (60*60*24).
    $defaultDuration = 60*60*24;
  4. Simpan plugin dengan mengklik tombol Update File.

Penggunaan Plugin CA-AmazonS3

Anda dapat menggunakan plugin CA-AmazonS3 dengan memanfaatkan fitur shortcode bawaan WordPress. Sintaksnya adalah sebagai berikut:

[S3 title="teks download" bucket="nama bucket" filename="nama file"
duration="durasi expired"]

Contoh penggunaan:

[S3 title="Download here!" bucket="MyPublicFiles" filename="sample.zip"
duration="10800"]

Untuk parameter title dan duration sifatnya adalah optional, bisa disertakan, bisa juga tidak.

Oh ya, jika Anda belum pernah menggunakan shortcode, maka Anda bisa meletakkannya langsung di dalam artikel Anda (gunakan mode HTML) atau pada template Anda dengan menggunakan fungsi do_shortcode().

Contoh penggunaan dengan do_shortcode adalah sebagai berikut:

<?php
do_shortcode('[S3 bucket="MyPublicFiles" filename="sample.zip"]');
?>

Selamat mencoba :)

Sumber : panduandasar.com

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2010 Blog Bilcyber.com. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.