Subscribe:Posts Comments
Share |

You Are Here: Home » Elearning, Uncategorized » Cara Install SQL Server 2008

SQL Server 2008

SQL Server 2008

Sebelum proses installasi dilakukan maka berikut OS & software major yang pasti digunakan :

  • OS Vista Ultimate.
  • Visual Studio 2008.
  • SQL Server 2005.
  • MS Office Ultimate.

Tetapi kali ini sudah malas menggunakan SQL Server 2005 dengan alasan installasi SQL Server 2005 pada Vista memerlukan sedikit keluar keringat, dikarnakan ada beberapa service pack yang mesti diinstall dengan waktu installasi yang tidak sebentar. Setelah itu melakukan setting role agar dapat berjalan normal di Vista.

Maka pilihan kali ini adalah menggunakan SQL Server 2008, sebagai pengganti SQL Server 2005. Untuk installasi SQL Server 2008 membutuhkan .NET Framework 3.5 SP1, jadi demi kelancaran maka berikut urutan yang saya lakukan sebelum SQL Server 2005 diinstal :

  • OS Vista Ultimate.
  • MS Office Ultimate (ini tidak ada hubungannya dengan installasi SQL Server 2008).
  • Visual Studio 2008.
  • Visual Studio 2008 SP1.

Versi SQL Server 2008 yang akan saya install adalah Enterprise, awalnya ragu juga untuk menginstall versi ini pada Vista dikarenakan pengalaman pada SQL Server 2005  selalu mengalami kegagalan versi Enterprise, versi yang sering saya gunakan pada OS Vista adalah SQL Server 2005 Developer Edition.

Setelah semua sukses dilakukan, maka mulailah menginstall SQL Server 2008. Berikut ini adalah menu awal yang akan kita temui ketika proses installasi dilakukan.

01

Pilih New SQL Server stand-alone installation or add feature to an existing installation, setelah itu proses akan dilanjutkan dengan proses pemeriksaan sistem. Nah biasanya saat ini saya mengalami kegagalan saat proses installasi SQL Server 2005 Enterprise, tapi saat installasi SQL Server 2008 Enterprise Edition ini semua lancar, seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

02

Selajutnya dilanjutkan dengan cara mengklik tombol ajaib (baca : tombol Next), dan sampai pada proses bagian Setup Support Rules.06

Ada beberapa warning yang tidak bersifat fatal, dan kembali tombol ajaib ditekan. Dan sampai saya bertemu dengan proses pemilihan feature apa saja yang akan diinstall.

09

Tentu saja tidak akan seperti pakir space HD, centang semua … karena semuanya nantinya akan dilahap untuk dipelajari :) Kembali tombol ajaib beraksi dan berhasil mengantarkan saya ke proses Server Configuration. Pada proses ini dapat dilihat service yang akan dijalankan dan siapa tokoh yang akan menjalankannya.12

Dari gambar di atas, saya mencoba cari aman, semua service dijalankan oleh N AUTHORITY\SYSTEM. Bagian ini, secara antarmuka, berbeda bila dibandingkan dengan saat proses installasi SQL Server 2005. Selanjutnya adalah proses pendaftaran account dan tipe auth yang akan digunakan.

13

Bagin ini juga berbeda dengan yang perna saya temu di SQL Server 2005, secara antarmuka dan pada proses ini saya mesti mendaftarkan minimal satu account yang menjadi SQL Server administrator. Dengan catatan user “sa” masih ada. Jadi password yang saya tulis tersebut digunakan oleh user “sa”. Hal yang sama juga dilakukan untuk proses Analysis Services Configuration.

Selanjutkan kembali tombol ajaib ditekan, tidak ada hal yang berbeda lagi sampai proses installasi berakhir.

20

Dan SQL Server 2008 Enterprise siap digunakan. Sebelumnya saya sempat bertanya-tanya, apakah data-data dalam bentuk file MDF atau LDF dari SQL Server 2005 dapat di-attach dengan mudah pada SQL Server 2008? Tentu saja….tidak ada masalah, begitu juga aplikasi-aplikasi yang telah saya buat, masih berjalan normal dengan menggunakan SQL Server 2008.

Selamat berteman dengan SQL Server 2008.

Sumber : Mugi

© 2011 Bilcyber.com · Subscribe:PostsComments · Designed by Billy Wirawan ·